FUNGSI :
1. Memperbesar
momen putar hasil output transmisi
2. Merubah arah
putaran poros 90 derajat
3. Menyeimbangkan putaran roda kanan dan kiri saat berbelok sehingga putaran
roda dapat selaras tidak selip
KETERANGAN :
1.
Drive pinion shaft
2.
Drive pinion gear
3.
Ring gear
4.
Baut penyetel kedudukan ring gear sebelah kiri
5.
Axle shaft / poros roda sebelah kiri
6.
Pinion shaft
7.
Differensial case
8.
Pinion gear
9.
Side gear
10.
Baut penyetel kedudukan ring gear sebelah kanan
11.
Axle shaft / poros roda sebelah kanan
PRINSIP KERJA :
è
Saat maju lurus
: Drive pinion gear berputar memutarkan ring gear bersamaan itu
differansial case ikut berputar karna beban roda kanan dan kiri memiliki beban
yang sama maka pinion shaft mengunci pinion gear dan pinion gear mengunci side
gear sehingga roda kanan dan kiri berputar bersamaan atau putarannya sama
è
Saat berbelok
: Drive
pinion gear berputar memutarkan ring gear beramaan itu differensial case ikut
berputar karena ( misal belok kanan ) beban roda kanan cenderung memiliki beban
lebih sehingga side gear kanan akan berputar perlahan pinion gear
menyeimbangkan sehinnga side gear kiri jadi berputar lebih cepat sehingga roda
kanan lambat dan roda kiri cepat karna beban roda kanan lebih berat dan roda
kiri lebih ringan saat berbelok kekanan . sehingga kendaraan dapat bejalan
selaras tidak terjadi selip .

Tidak ada komentar:
Posting Komentar