Kamis, 04 Oktober 2012

tugas

Bodi Integral
Pada bodi integral, semua bagian karoseri seperti pintu, atap, fender dan lantai berfungsi sebagai rangka
  • Konstruksi bodi integral menyerupai konstruksi jembatan
  • Titik tumpu konstruksi terletak pada roda belakang dan depan
Bahan :
Kebanyakan besi plat putih
Sifat – sifat secara umum :
  • Konstruksi rumit
  • Tidak dapat dimodifikasikan ( diubah jadi bak penumpang )
  • Dapat menerima beban lengkung dan puntir
  • Ringan
  • Reparasi sulit jika terjadi kecelakaan
  • Lebih aman bagi penumpang jika terjadi tabrakan
Penggunaan :
Mobil penumpang ( sedan ) umumnya bus
1. Bodi Integral Tanpa Rangka
Semua bagian bodi atau karoseri ( seperti gambar ) merupakan rangka
2. Bodi Integral Dengan Rangka
Pemasangan rangka memperkuat konstruksi body antara body dan rangka dipasang karet – karet untuk meredam getaran karoseri yang ditimbulkan suspensi.
3. Karoseri Pengaman
image
Pengujian ( standar  –  industri )
Setelah mobil dengan kecepatan 50 km/jam ditabrakkan tembok, maka :
  • Penumpang yang memakai sabuk pengaman tidak boleh terluka
  • Pintu – pintu mobil harus masih bisa dibuka
4. Bentuk Profil Bodi Integral
Pengukuran Bodi
Pengukuran bodi dilaksanakan jika :
  • Kendaraan telah mengalami kecelakaan / tabrakan
  • Ada kesalahan ukuran bodi yang diketahui dari sifat jalan kendaraan yang tidak baik, meskipun geometri roda (  wheel aligment ) telah disetel dengan baik