Bodi Integral
Pada bodi integral, semua bagian karoseri seperti pintu, atap, fender dan lantai berfungsi sebagai rangka
- Konstruksi bodi integral menyerupai konstruksi jembatan
- Titik tumpu konstruksi terletak pada roda belakang dan depan
Bahan :
Kebanyakan besi plat putih
Sifat – sifat secara umum :
- Konstruksi rumit
- Tidak dapat dimodifikasikan ( diubah jadi bak penumpang )
- Dapat menerima beban lengkung dan puntir
- Ringan
- Reparasi sulit jika terjadi kecelakaan
- Lebih aman bagi penumpang jika terjadi tabrakan
Penggunaan :
Mobil penumpang ( sedan ) umumnya bus
1. Bodi Integral Tanpa Rangka
Semua bagian bodi atau karoseri ( seperti gambar ) merupakan rangka
2. Bodi Integral Dengan Rangka
Pemasangan
rangka memperkuat konstruksi body antara body dan rangka dipasang karet
– karet untuk meredam getaran karoseri yang ditimbulkan suspensi.
3. Karoseri Pengaman
Pengujian ( standar – industri )
Setelah mobil dengan kecepatan 50 km/jam ditabrakkan tembok, maka :
- Penumpang yang memakai sabuk pengaman tidak boleh terluka
- Pintu – pintu mobil harus masih bisa dibuka
4. Bentuk Profil Bodi Integral
Pengukuran Bodi
Pengukuran bodi dilaksanakan jika :
- Kendaraan telah mengalami kecelakaan / tabrakan
- Ada kesalahan ukuran bodi yang diketahui dari sifat jalan kendaraan yang tidak baik, meskipun geometri roda ( wheel aligment ) telah disetel dengan baik



