Kamis, 14 Juni 2012

DIFFERENSIAL


FUNGSI :
1. Memperbesar momen putar hasil output transmisi
2. Merubah arah putaran poros 90 derajat
3. Menyeimbangkan putaran roda kanan dan kiri saat berbelok sehingga putaran roda dapat selaras tidak selip

                                                     







KETERANGAN :

1.       Drive pinion shaft
2.       Drive pinion gear
3.       Ring gear
4.       Baut penyetel kedudukan ring gear sebelah kiri
5.       Axle shaft / poros roda sebelah kiri
6.       Pinion shaft
7.       Differensial case
8.       Pinion gear
9.       Side gear
10.   Baut penyetel kedudukan ring gear sebelah kanan
11.   Axle shaft / poros roda sebelah kanan


PRINSIP KERJA :
è Saat maju lurus : Drive pinion gear berputar memutarkan ring gear bersamaan itu differansial case ikut berputar karna beban roda kanan dan kiri memiliki beban yang sama maka pinion shaft mengunci pinion gear dan pinion gear mengunci side gear sehingga roda kanan dan kiri berputar bersamaan atau putarannya sama
è Saat berbelok : Drive pinion gear berputar memutarkan ring gear beramaan itu differensial case ikut berputar karena ( misal belok kanan ) beban roda kanan cenderung memiliki beban lebih sehingga side gear kanan akan berputar perlahan pinion gear menyeimbangkan sehinnga side gear kiri jadi berputar lebih cepat sehingga roda kanan lambat dan roda kiri cepat karna beban roda kanan lebih berat dan roda kiri lebih ringan saat berbelok kekanan . sehingga kendaraan dapat bejalan selaras tidak terjadi selip .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar